Minggu, 06 Februari 2011

Pin EDP

Kurang lebih sudah sekitar 7 bulan ini gw kerja di Homecentre Indonesia dan setelah gw sadari, ini memang bukan passion. Sekali lagi bukan Passion!. Tapi alhamdulillah selama 7 bulan berjalan dan 4 bulan menjadi supervisor departemen, gw bisa hadepin tantangan dari pekerjaan ini dengan lancar. Awalnya memang rutinitas, tapi lama-kelamaan tanggung jawab itu emang udah jadi pikiran gw.

Beruntung gw dapet store yang 90% isi supervisornya anak EDP semua. Jadi ga heran klo kadang kita suka pada ngeyel, nyeleneh, kontra dengan kebijakan, dan satu lagi "sama-sama nunggu kontrak habis buat kerja disana" hehe. 

Mungkin yang bisa bedain kita dengan supervisor lain, (selain umur dan fisik mereka yg udah pada tua, xp.red), kita juga memakai pin EDP yang selalu dipake pada kerah sebelah kiri. Bukan bermaksud diskriminatif, tapi kadang berdasar persepsi gw, pin ini bisa punya arti.

Pin EDP 



Selain pin ini bisa ngebedain gw dengan supervisor yang lain, kya yg gw bilang di atas. Menurut gw pin ini jg kadang bisa jadi sisi sombong yang gw tongolin buat ngelawan suatu kebijakan manajemen atau ide aneh yang ada. Emang ga baik, tapi kesannya kyak ada pikiran "oke gw orang baru, tapi gw orang pilihan di perusahaan dan gw masih muda". Mungkin karena gw punya otorisasi terhadap suatu hal, makanya gw berani. Tapi biasanya hal itu ada hanya saat di dalam forum dan gw rasa ngotot-ngototan soal ide atau yang biasa disebut kerennya brainstorm itu lumrah.

Tapi satu sisi di lain hal, meski gw punya pin ini tapi tetep aja ada hal yang ngegores. Seperti gw kutip kata-kata dari I Gde Prama "Keterbukaan pikiran kerap dicaci dengan ketiadaan sikap. Ini biasa terjadi karena kepintaran terbiasa menghargai dirinya amat tinggi sehingga meletakkan pelayanan sebagai sesuatu yang hina."  Based on Jobdesc gw, gw itu boleh dikatakan "pelayan", semboyan yang terus dipekikkan setiap briefing pagi aja bunyinya "serve with heart, sell with pride". Dari situ gw rasa udah bisa dibayangkan.

Kalau gw mengaca pada diri sendiri dan gw liat kelakuan gw di tempat kerja. Gw bener-bener sombong terhadap apa yang melekat di badan, serta otorisasi yang gw punya. Tapi klo gw melihat keluar sana, gw hanya sebagai pelayan. Dengan merujuk kata "serve" sudah tercipta hal ini secara nyata. Bahkan seperti karma. Hal itu sudah terjadi buat gw. 

Lalu bagaimana tindak lanjutnya? Ikhlas?
Meski begini, lihat apa yang sudah kita beri? Bagaimana keluarga kita tetap menghargai semua ini?

Tanpa mengemis...secara tak sadar kita sudah bisa mengurangi pekerjaan orang lain dengan melayani. 
Kita harus belajar menunduk dan harus melihat air mata sendiri jatuh hingga tangan mengusap. 
Tuhan beri malam untuk imbangi siang.
Tuhan beri matahari guna imbangi dinginnya rembulan.
Sombong dan hina, walau tak sejalan tapi berdekatan.

0 komentar:

Posting Komentar